Hello

Welcome To BOLD

This Awesome Blogger Template is Brought To You By Bthemez, Let's be friends and spread the love
together in the world. #nohomo :P
Join us on

TUHAN, Gembala Israel Yang Baik, Melawan gembala-gembala yang jahat



Bacaan: Yehezkiel 34:1-31

           Nats ini merupakan sebuah firman yang berisi penentangan yang disampaikan oleh Tuhan melalui perantaraan nabi Yehezkiel kepada para gembala Israel pada waktu itu, yakni para pemimpin seperti raja, imam, dan nabi (ay. 2)
Hai anak manusia, bernubuatlah melawan gembala-gembala Israel, bernubuatlah dan katakanlah kepada mereka, kepada gembala-gembala itu: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Celakalah gembala-gembala Israel, yang menggembalakan dirinya sendiri! Bukankah domba-domba yang seharusnya digembalakan oleh gembala-gembala itu? Yeh. 34:2
Hal ini disebabkan karena pemimpin Israel tidak lagi mengerjakan bagiannya sebagai seorang gembala atas umat-Nya Israel.
            Bila kita melihat di ayat 1-6, peristiwa yang terjadi pada waktu itu, pemimpin Israel yang dipercayakan Tuhan sebagai gembala, tidak lagi peduli atas domba gembalaannya. Mereka malah bersikap acuh tak acuh dan mementingkan diri sendiri (ay. 2). Yang lebih tragisnya lagi, mereka memanfaatkan segala sesuatu yang dimiliki oleh domba-dombanya, untuk kenikmatan hidupnya (ay. 3). 
Kamu menikmati susunya, dari bulunya kamu buat pakaian, yang gemuk kamu sembelih, tetapi domba-domba itu sendiri tidak kamu gembalakan. Yeh. 34:3
Yang luka tidak dibalut, yang sakit tidak diobati, yang lemah tidak dikuatkan, yang tersesat tidak dicari. (ay. 4). Domba-domba berserak tanpa ada yang memperhatikan.
Yang lemah tidak kamu kuatkan, yang sakit tidak kamu obati, yang luka tidak kamu balut, yang tersesat tidak kamu bawa pulang, yang hilang tidak kamu cari, melainkan kamu injak-injak mereka dengan kekerasan dan kekejaman. Yeh. 34:4
            Kemudian pada ayat 7-10, Tuhan melanjutkan firman-Nya dengan begitu keras, memberi konsekuensi bahwa Ia akan menjadi lawan para gembala yang jahat dan menuntut kembali domba itu, dan akan menghukum gembala itu dengan menarik bagiannya (bisa saja berkat) sebagai seorang gembala. (ay. 10)
Beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku sendiri akan menjadi lawan gembala-gembala itu dan Aku akan menuntut kembali domba-domba-Ku dari mereka dan akan memberhentikan mereka menggembalakan domba-domba-Ku. Gembala-gembala itu tidak akan terus lagi menggembalakan dirinya sendiri; Aku akan melepaskan domba-domba-Ku dari mulut mereka, sehingga tidak terus lagi menjadi makanannya. Yeh. 34:10
            Melihat gembala yang jahat itu, yang akan Tuhan kerjakan pada ayat 11-18, bagaimana Ia akan menggembalakan kawanan domba-Nya. Ia sendiri yang akan mencari dan menyelamatkan domba itu dari segala tempat. Dan akan menggembalakan mereka di tanah yang subur (ay.14). 
Di padang rumput yang baik akan Kugembalakan mereka dan di atas gunung-gunung Israel yang tinggi di situlah tempat penggembalaannya; di sana di tempat penggembalaan yang baik mereka akan berbaring dan rumput yang subur menjadi makanannya di atas gunung-gunung Israel. Yeh. 34:14
Yang hilang akan dicari, yang sesat akan dibawa pulang, yang luka akan dibalut, yang sakit dikuatkan. (ay.16). Ia akan memberikan keamanan bagi domba-Nya dan memusnahkan segala kambing yang mengganggu.
            Lalu dengan apa Tuhan merealisasikan penggembalaan-Nya tersebut?, Ayat 20-31 menjelaskan Tuhan akan mengangkat seorang gembala yang agung yakni daud, dibagian ini mengarah kepada Sang Mesias, Yesus Kristus, yang dinubuatkan sebelumnya baik dalam kitab Yesaya. Dan sudah terealisasi di perjanjian baru. Bagaimana Yesus seorang gembala yang baik, mencari domba yang terhilang, yakni kita yang harusnya menanggung maut dosa.
            Allah adalah teladan sekaligus Gembala yang baik, yakni lewat Pribadi-Nya Yesus Kristus. Bila saat ini Tuhan percayakan kita sebagai seorang gembala, kerjakanlah bagian kita dengan sungguh-sungguh sebab Tuhan berjanji akan menyertai kita. Tugas gembala begitu mulia seperti (ayat 16). 
Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya. Yeh. 34:16
Kristuslah yang akan melimpahi kita dengan hujan berkat dan kententraman. Amin

Share this:

ABOUTME

Hi all. This is deepak from Bthemez. We're providing content for Bold site and we’ve been in internet, social media and affiliate for too long time and its my profession. We are web designer & developer living India! What can I say, we are the best..

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 $type={blogger}:

Posting Komentar